14 Feb 2015

MEKANISME SEMIFINAL LOMBA N2O (DEBAT DAN ROLE PLAY)

MEKANISME DEBAT 
  1. Debat dilaksanakan oleh peserta yang telah dibagi menjadi 4 team yaitu team A, team B, team C dan team D. Setiap kelompok beranggotakan 4 orang peserta.
  2.  Setiap team akan diberikan 2 buah jurnal. Jurnal 1 akan dibahas pada sesi I. Pada sesi I team A akan menjadi team pro, team B akan menjadi team kontra. Untuk sesi II team A menjadi team kontra, team B akan menjadi team pro. Team akan dibagi saat hari-H.
  3.  Pada tahap awal setiap team diberikan waktu selama 5 menit untuk berdiskusi menyatukan argument atau pendapat.
  4. Kedua team akan memulai debat dengan ketentuan sebagai berikut: Moderator (pemandu debat sekaligus timekeeper) akan mempersilahkan pembicara pertama team A (pro) untuk menyampaikan argumennya dengan waktu 1 menit. Moderator akan mengingatkan apabila waktu tinggal 0,5 menit dengan 1 ketukan dan waktu habis dengan 2 ketukan. Timekeeper akan memberikan 3 ketukan pertanda pembicara pertama team B (kontra) untuk menyampaikan sanggahan terkait apa yang disampaikan oleh team A (pro) DAN MEMBERIKAN ARGUMEN BARU selama 2 menit. Dan seterusnya sampai pembicara keempat team B (kontra). Debat berakhir di pembicara pertama team A (PRO) dengan membuat kesimpulan selama 1 menit terkait debat yang telah dilaksanakan.
  5. Mekanisme ini juga berlaku untuk sesi selanjutnya
  6. Setiap peserta debat diharapkan berbicara dalam selang waktu yang telah ditentukan, yaitu 2 menit. Apabila peserta berbicara dibawah waktu yang ditentukan maka pembicara dinyatakan under-timeSedangkan apabila pembicara berbicara lebih dari waktu yang ditentukan maka pembicara dinyatakan over-time dan akan memengaruhi penilaian.

TATA TERTIB PESERTA SELAMA DEBAT
  1. Peserta wajib mengisi daftar absensi peserta yang telah disediakan oleh panitia.
  2. Setiap peserta dilarang melakukan serangan secara pribadi terhadap peserta lainnya selama pertandingan.
  3. Setiap peserta dilarang mengunakan bahasa kasar, tidak senonoh dan menyinggung SARA dan menggunakan bahasa Indonesia
  4. Setiap peserta dilarang melakukan tindakan yang dapat menggangu konsentrasi peserta lain selama pertandingan.
  5. Peserta tidak boleh memprovokasi peserta lain
  6. Setiap peserta dilarang menggunakan gadget atau handphone yang dapat membantu jalannya debat.
  7. Setiap peserta dilarang meninggalkan ruangan sebelum perlombaan selesai.
  8. Selama pertandingan berlangsung, peserta yang tidak menjadi pembicara diperbolehkan untuk melakukan diskusi sepanjang tidak mengganggu jalannya perdebatan
  9. Setiap team tidak boleh berbicara melebihi waktu yang telah ditentukan.
  10. Pelanggaran terhadap ketentuan diatas mengakibatkan pengurangan skor.

MEKANISME ROLE PLAY
  1.  Peserta akan menjadi seorang ahli gizi yang akan memberikan konseling gizi kepada seorang pasien.
  2. Setiap peserta akan mendapatkan satu pasien dengan kasus yang telah ditentukan.
  3.  Peserta akan melakukan konseling selama 15 menit.
  4. Peserta yang memberikan konseling lebih dari 15 menit dikatan overtime dan yang kurang dari 15 menit dinyatakan undertime dan akan mempengaruhi penilaian juri.
  5.  Apabila waktu telah habis,timekeeper akan memperingatkan dengan suara ketukan 3 kali.
TATA TERTIB SELAMA ROLE PLAY

  1. Peserta wajib mengisi daftar absensi peserta yang telah disediakan oleh panitia.
  2.  Peserta akan diberikan satu orang pasien yang telah ditentukan.
  3. Peserta harus memberikan konseling gizi yang sesuai, sopan, dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami.
  4. Peserta dilarang menggunakan bahasa kasar, tidak senonoh dan menyinggung SARA.
  5.  Peserta dilarang membuka catatan dalam bentuk apapun dan dilarang menggunakan gadget seperti handphone dan tab.
  6.  Peserta yang melanggar tata tertib akan didiskualifikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar