MEKANISME DEBAT
- Debat dilaksanakan oleh peserta yang telah dibagi menjadi 4 team yaitu team A, team B, team C dan team D. Setiap kelompok beranggotakan 4 orang peserta.
- Setiap team akan diberikan 2 buah jurnal. Jurnal 1 akan dibahas pada sesi I. Pada sesi I team A akan menjadi team pro, team B akan menjadi team kontra. Untuk sesi II team A menjadi team kontra, team B akan menjadi team pro. Team akan dibagi saat hari-H.
- Pada tahap awal setiap team diberikan waktu selama 5 menit untuk berdiskusi menyatukan argument atau pendapat.
- Kedua team akan memulai debat dengan ketentuan sebagai berikut: Moderator (pemandu debat sekaligus timekeeper) akan mempersilahkan pembicara pertama team A (pro) untuk menyampaikan argumennya dengan waktu 1 menit. Moderator akan mengingatkan apabila waktu tinggal 0,5 menit dengan 1 ketukan dan waktu habis dengan 2 ketukan. Timekeeper akan memberikan 3 ketukan pertanda pembicara pertama team B (kontra) untuk menyampaikan sanggahan terkait apa yang disampaikan oleh team A (pro) DAN MEMBERIKAN ARGUMEN BARU selama 2 menit. Dan seterusnya sampai pembicara keempat team B (kontra). Debat berakhir di pembicara pertama team A (PRO) dengan membuat kesimpulan selama 1 menit terkait debat yang telah dilaksanakan.
- Mekanisme ini juga berlaku untuk sesi selanjutnya
- Setiap peserta debat diharapkan berbicara dalam selang waktu yang telah ditentukan, yaitu 2 menit. Apabila peserta berbicara dibawah waktu yang ditentukan maka pembicara dinyatakan under-time. Sedangkan apabila pembicara berbicara lebih dari waktu yang ditentukan maka pembicara dinyatakan over-time dan akan memengaruhi penilaian.
TATA TERTIB PESERTA SELAMA DEBAT
- Peserta wajib mengisi daftar absensi peserta yang telah disediakan oleh panitia.
- Setiap peserta dilarang melakukan serangan secara pribadi terhadap peserta lainnya selama pertandingan.
- Setiap peserta dilarang mengunakan bahasa kasar, tidak senonoh dan menyinggung SARA dan menggunakan bahasa Indonesia
- Setiap peserta dilarang melakukan tindakan yang dapat menggangu konsentrasi peserta lain selama pertandingan.
- Peserta tidak boleh memprovokasi peserta lain
- Setiap peserta dilarang menggunakan gadget atau handphone yang dapat membantu jalannya debat.
- Setiap peserta dilarang meninggalkan ruangan sebelum perlombaan selesai.
- Selama pertandingan berlangsung, peserta yang tidak menjadi pembicara diperbolehkan untuk melakukan diskusi sepanjang tidak mengganggu jalannya perdebatan
- Setiap team tidak boleh berbicara melebihi waktu yang telah ditentukan.
- Pelanggaran terhadap ketentuan diatas mengakibatkan pengurangan skor.
MEKANISME ROLE PLAY
- Peserta akan menjadi seorang ahli gizi yang akan memberikan konseling gizi kepada seorang pasien.
- Setiap peserta akan mendapatkan satu pasien dengan kasus yang telah ditentukan.
- Peserta akan melakukan konseling selama 15 menit.
- Peserta yang memberikan konseling lebih dari 15 menit dikatan overtime dan yang kurang dari 15 menit dinyatakan undertime dan akan mempengaruhi penilaian juri.
- Apabila waktu telah habis,timekeeper akan memperingatkan dengan suara ketukan 3 kali.
TATA TERTIB SELAMA ROLE PLAY
- Peserta wajib mengisi daftar absensi peserta yang telah disediakan oleh panitia.
- Peserta akan diberikan satu orang pasien yang telah ditentukan.
- Peserta harus memberikan konseling gizi yang sesuai, sopan, dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami.
- Peserta dilarang menggunakan bahasa kasar, tidak senonoh dan menyinggung SARA.
- Peserta dilarang membuka catatan dalam bentuk apapun dan dilarang menggunakan gadget seperti handphone dan tab.
- Peserta yang melanggar tata tertib akan didiskualifikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar